Film Dokumenter Pendek – Indonesia Bukan Negara Islam

16 03 2010

Kenapa film ini Dibuat? Itu karena ketakutan naif si pembuat film (Jason Iskandar) akan Indonesia dan agama Islamnya sebagai agama mayoritas. Dia punya pandangan naif, kalo peraturan di Indonesia makin lama makin menjurus ke aturan Islam, dan entah Dia bener atau salah. Akhirnya Dia membicarakan dengan Bambang, teman Si pembuat film yang beragama Muslim di CC, ternyata dia juga merasakan hal yang sama. Akhirnya si pembuat memilih FPI sebagai antagonis utama,mengapa? Karena Dia merasa (setelah melihat langsung kejadian 1 Juni 2008), mereka cenderung egois dan menginginkan semuanya sama dengan mereka, setidaknya itulah yang Dia rasakan.

Setelah itu, Dia mencari satu layer lagi untuk membumbui film ini, dan Si pembuat mutusin untuk memakai UU APP dan peraturan Jilbab, karena Dia amat kesal dengan suatu tempat di dekat sekolah Jason Iskandar yang waktu itu bertuliskan “Kawasan Khusus Berjilbab”.

Berikutnya adalah subyek, Bambang dari awal adalah pilihan utama, karena ia adalah teman Si Pembuat film yang beragama Islam yang paling liberal. Awalnya, rencana hanya memakai satu orang subyek, namun karena dirasakan terlalu pendek, gue harus mencari orang lain sebagai subyek. Pernah ada rencana, memakai subyek teman yang beragama Muslim juga di Santa Ursula dan Theresia, namun batal. Akhirnya, skrip Di tulis dengan memakai subyek Pak Dirman, guru akuntansi CC yang beragama Muslim, yang hafal doa Bapa Kami dan Salam Maria, namun batal juga karena ia menolak. Sempat bingung memilih subyek kedua, namun akhirnya tak sengaja bertemu Galih, teman Si pembuat film yang juga Muslim dan ternyata ia mau diwawancara.

Kita patut saling memahami diantara satu sama yg lainnya menghormati dan memahami sesama yang lain. jangan jadikan perbedaan agama penyebab persilisihan dalam sesebuah negara, apalagi negara yang sedang membangun, yang penting adalah keamanan sesebuah negara harus dijaga sesuai dengan simbol negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: